Tim Basarnas Berhasil Evakuasi ABK Kapal Francis dari Tengah Laut

#hendrik-rompas, belawan

Tim Rescuer Basarnas Medan menggunakan kapal Sar Medan 01 berhasil mengefakuasi ABK  (Anak Buah Kapal MV.Ile De Re berbendera Prancis yang sakit di atas kapal dobawa ke Pelabuhan Belawan Minggu,(03/05/2021)sore.

Setibanya di Pelabuhan Belawan, ABK kapal warga negara Philipan, Gerado Puentle Balanca (56) yang dibawa dari tengah laut menggunakan kapal Basarnas KN 01 Medan langsung di turunkan dari atas kapal selanjut dibawa ke RS Medan menggunakan mobil Ambulance milik KKP Medan yang ada di Belawan guna perawatan yang dideritanya.

Menirut Infomasi,Petugad Siaga Radio dan Komunikasi Kantor SAR Medan menerima informasi dari Owner PT. Optik Marime Indonesia yg merupakan agent kapal terkait adanya Seorang ABK ( Anak Buah Kapal) MV Ile De Reberbendera Perancis mengalami Stroke.

Tim Berjumlah 24 orangyang terdiri dari Rescuer Basarnas Medan, ABK KN Sar Medan 01, Polairud Poldasu, Karantina Kesehatan dan Agen kapal berangkat menggunakan Kapal KN SAR Medan 01 menuju lokasi yang di Nahkodai Capt. Rahmat Surbakti dan dipimpin langsung Kasiops Kantor Sar Medan Zul Indra,S.H.

Menurut Zul Indra SH informasi yang diterima, Kapal berbendera Perancis tersebut merupakan Jenis kapal Project Kabel Laut sedang melaksanakan pengerjaan pemasangan Kabel Laut disepanjang Selat Malaka wilayah Indonesia mulai dari Kepulauan Karimun hingga Wilayah terluar Aceh. Sekitar pukul 08.45 Wib, korban,Gerardo Puentle Balanca usia 56 tahun berkebangsaan Filipina mendapatkan perawatan di Rumah Sakit yg berada didalam Kapal tersebut yang menunjukkan gejala awal jari telunjuk korban mati rasa ( kesemutan), gangguan bicara, dan Paralisi Unirateral Kanan. Kemudian korban dilakukan perawatan intensif dan pihak kapal menghubungi Kantor SAR Medan guna meminta pertolongan evakuasi korban.

Kepala Seksi Operasi Kantor SAR Medan, Zul Indra,S.H mengatakan ” Pukul 14.00 wib kita berangkat dari Dermaga Pelabuhan Belawan menuju lokasi Kapal tersebut dan sebelumnya kita sudah berkoordinasi dengan pihak kapal terkait titik koordinat pertemuan kapal guna evakuasi sehingga melalui data tersebut Jarak kita menuju kapal sekitar 36 NM dgn jarak tempuh sekitar 3,5 Jam.” Ucap nya. ***

 

 

Print Friendly, PDF & Email

Related Posts