Deli Serdang Zona Merah, PSI Sumut Ingatkan Bupati Jangan Lalai

#sakina, Medan.

Penambahan kasus covid-19, pasca libur hari raya Idul Fitri 1442 H, mengalami peningkatan.

Peningkatan kasus penularan covid-19 ini juga diakui oleh Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi yang menyatakan bahwa saat ini (pasca libur hari raya) kasus covid-19 di Sumut meningkat, diakui Gubsu bahwa sebelumnya Sumut sempat diangka 40 perhari dan sekarang 80 perhari. Peningkatan ini cukup signifikan sehingga butuh perhatian bersama. Salah satu instruksi Gubsu selain memperpanjang operasi pos pemeriksaan/penyekatan arus balik, juga penutupan 14 hari tempat hiburan malam dan tempat lainnya yang bisa menjadi tempat kerumunan dan mudah penularan covid-19.

Salah satu daerah yang masuk zona merah di Sumatera Utara berdasarkan data Satgas Penanganan Covid 19 Pusat, adalah kabupaten Deli Serdang. Menanggapi hal ini, wakil ketua DPW Partai Solidaritas Indonesia Sumut (PSI Sumut), Muhri Fauzi Hafiz, meminta agar pemerintah kabupaten Deli Serdang melalui Bupati selaku ketua Satgas Penanganan Covid-19 Daerah jangan lalai.

“Kabupaten Deli Serdang itu wilayahnya luas, Bupati bersama Satgas Penanganan covid-19 di daerah harus tanggap darurat dan terus-menerus turun ke desa dan kecamatan, mengaktifkan semua puskesmas yang dimiliki daerah untuk melakukan antisipasi lonjakan penularan covid-19 di Deli Serdang. PSI Sumut sangat peduli hal ini, sehingga himbauan kita dari berita bisa mengingatkan Bupati untuk terus bekerja bersama semua pihak agar zona resiko daerah Deli Serdang ini berubah menjadi zona hijau atau kuning, jangan merah,” ujar Muhri Fauzi Hafiz, kepada wartawan di Medan, 20/5/2021.

Dalam upaya mengatasi lonjakan penularan covid-19 di daerah, PSI Sumut menilai upaya yang dilakukan Satgas Penanganan Covid-19 masih perlu ditingkatkan kembali.

“Tempat-tempat hiburan malam dan objek wisata yang berpotensi menjadi tempat berkumpul orang, cukup banyak di daerah kabupaten Deli Serdang. Edukasi tiada henti juga teguran dan sanksi memang harus terus dilakukan oleh Bupati selaku ketua Satgas daerah, jika Bupati lalai yang menjadi korban juga warga, bahkan dengan masuk sebagai zona merah, kondisi ini menjadi perhatian pemerintah pusat. Deli Serdang sebagai salah satu kabupaten yang memiliki wilayah cukup luas dibandingkan daerah kabupaten yang lain harus waspada dan tanggap atas kondisi terkini yang sedang terjadi dimasa pandemi sekarang. PSI Sumut melalui PSI daerah Deli Serdang akan langsung ikut membantu upaya-upaya pemerintah dalam aturan yang dibolehkan, kita siap membantu karena PSI selalu bersama Rakyat, ” kata Muhri Fauzi Hafiz. (*)

Print Friendly, PDF & Email

Related Posts