Bentrok di Belawan: Bengkel, Tempat Maksiat Dibakar Kios Dijarah Massa

#hendrik-rompas, belawan

Bentrok dua kelompok massa di pangkal Titi atau jembatan kembar di Jalan KLY Sudarso sangat brutal pada Rabu dinihari ( 21/07/2021).

Tindakan massa semangkin brutal seperti bengkel di bakar, tempat kusuk,lulur dan madi uap di bakar sementara kios di rusak dan isinya di jarah.

Hal tersebut di jelaskan Marihot Siaahan dan Budiman Hutabarat kepada wartawan ini pada Rabu siang. Menurut Marihot bahwa tempat usahanya seperti bengkel di bakar dan tempat usaha lainnya srperti Kusuk tradisionil,lulur dan mandi Uap juga di bakar massa yang datang dari Jalan Young Panah Hijau yang jumlahnya puluhan orang.

Kemudian rumahnya Budiman Hutabarat yang rumahnya di jadikan tempat usaha toko sembako. Pintu rumahnya di rusak dan kemudian massa yang jumlahnya puluhan orang tersubut menjarah isinya seperti TV.Tabung Gas.Botol Aqua dan uang receh yang di dalam laci di ambil dan kemudian mereka melarikan diri.

Selain itu rumah rumah warga lain juga di rusak pintunya dan mereka langsung masuk kedalam rumah dan menjarah isi.

Rumah yang di rusak tersebut sebanyak 6 unit di antara milik Ibu Br Marpaung,Ibu L Pardede, rumahnya Ibu Damanik, rumahnya Budiman Hutabarat dan rumahnya Marihot Siaahan.

Kejadian tersebut pada pukul 23.30 wib saat datang massa di Jalan Young Panah Hijau yang jumlahnya puluhan orang mendatangi rumah warga meminta uang perobatan yang bentron pada hari Jumaat yanh lalu. Karena Kepala Lingkungan 13 tidak ada di tempat maka kami mintak agar besok saja datang untuk mengambil uang perobatannya.

Mendapat jawaban tersebut puluhan massa langsung marah dan membakar bengkel serta tempat usaha lainnya, kemudian melakukan pengerusakan rumah warga lainnya dan me jarah ininya.

Aksi brutal masa tersebut langsung di tanggapi petugas Polres Pelabuhan Belawan,puluhan perspnil di turunkan untuk membunarkan kedua kelompok yang lempar lemparan batu,botol dan kaca. Kedua kubu menggunakan senjata tajam saling menyerang.

Petugas langsung menggunakan gas air mata dan melakukan tembakan keudara berulang ulang. Akhirnya kedua kubu yang sedang bertikai membubarkan diri.Secara terpisah Kapolres Pelabuhan Belawan saat di Konfirmasi wartawan di Makonya pada saat menghadiri penyembelihan hewan Qurban Idul Adha 1442 H mengatakan bahwa para pelaku tawuran dan pembakaran serta penjarahan tersebut sedang di lakukan pencarian dan pelakunya akan di ambil tindakan tegas sesuai Hukum yang berlaku. ***

Foto bengkel dan tempat usah yang di bakar massa. (*)

Print Friendly, PDF & Email

Related Posts