Bupati dan Wakil Bupati Asahan Tinjau Penyembelihan Hewan Kurban

#jaka, asahan

Usai melaksanakan Salat Ied Iduladha 1442 H, Bupati Asahan H. Surya, B. Sc. dan Wakilnya Taufik Zainal Abidin, S. Sos., M. Si. memantau secara langsung kegiatan penyembelihan hewan kurban di sejumlah instansi lingkungan Pemerintah Kabupaten Asahan, Selasa (20/7/2021).

Penyembelihan hewan kurban merupakan rangkaian perayaan Hari Raya Iduladha atau Hari Raya Kurban yang dilaksanakan setelah Salat Ied dan sebagai salah satu Hari Besar bagi Umat Islam menjadi wadah bagi Umat Islam untuk saling berbagi kepada sesama bagi yang mampu.

Kendati memang rada berbeda palaksaannya dalam kurunwaktu 2 tahun terakhir ini karena adanya pandemi Covid-19, namun tidak mengurangi niat dan semangat bagi umat Islam di Kabupaten Asahan untuk merayakan Hari Raya Iduladha dengan sederhana dan penerapan prokes Covid-19.

Bupati dalam keterangan persnya, Bupati Asahan menjelaskan, pelaksanaan perayaan Hari Raya Iduladha 1442 H mempedomani SE Menteri Agama RI No. 15 dan 16 tentang Protokol Kesehatan dan Petunjuk Teknis Pelaksanaan kegiatan Hari Raya Iduladha 1442 H/2021 M. Di antaranya Salat Iduladha dapat dilaksanakan di Masjid/Musala dan lapangan terbuka dengan mematuhi Protokol Kesehatan.

Bupati juga berharap pelaksanaan kurban tidak menjadikan mobilitas massa atau menimbulkan kerumunan yang dapat memicu penyebaran Covid-19. Namun pembagian tetap merata dan tepat sasaran sehingga masyarakat dapat menerima manfaat pada Hari Raya Iduladha.

Bupati juga mengatakan, sebagai umat Islam kita harus menauladani sifat Nabi Ibrahim AS yang memiliki ketaqwaan kepada Allah SWT luar biasa dengan rela menyembelih anaknya sendiri Nabi Ismail AS atas perintah Allah SWT, yang kemudian dengan izin Allah SWT berubah menjadi seekor hewan sembelihan yang besar.

Maka dari itu sebagai masyarakat kita harus meniru sifat tauladan tersebut yaitu dengan mematuhi anjuran dan himbauan Pemerintah tentang Prokes Covid-19.

Hal yang sama, Wakil Bupati juga berpesan agar masyarakat dapat mengambil hikmah dari pelaksanaan ibadah kurban. “Saya berharap kita dapat mengambil hikmah terbesar dari pelaksanaan ibadah kurban sebagai bentuk keikhlasan kita untuk berbagi kepada sesama”, ujar Wabup.

Pada Hari Raya Iduladha 1442 H/2021 M Bupati Asahan bersama dengan keluarga melaksanakan Salat Ied di Masjid Agung H. Achmad Bakrie Kisaran. ***

 

Print Friendly, PDF & Email