Dimusim Hujan Penjemuran Ikan Asin di Belawan Mengeluh

#hendrik-rompas, belawan

Dimusim hujan ini seratusan pengerajin ikan asin bantaran Sei Deli, Kelurahan Belawan Bahari Kecamatan Medan Belawan Kota Medan mengeluhkan biaya produksi dan harga ikan murah.

Bila hujan berkepanjangan maka biaya produksi bertambah menjadi 3 hingga 4 kali lipat. Biasanya bila panas biayanya hanya sekali saja seperti garam dan esnya cukup sekali tapi bila hujan garam dan esnya dibuat 3 hingga 4 kali, jika tidak ditambah garam dan esnya maka ikan yang didalam tong tersebut akan busuk.

Masalah penjemurannya, bila hujan pagi hingga siang maka seratusan pengerajin ikan asin dikawasan Kelurahan Belawan Bahari sibuk menjemur ikan ikannya dan memburu panas matahari, itupun terkadang kami ini disibukan jika harinya mendung dan terpaksa harus buru buru mengangkatnya dan menyimpannya lagi.

Hal tersebut di,Agus dan isterinya Rahmah,kami hanya bisa berdoa kepda Tuhan Yang Maha Esa agar hujan ini segera berhenti diganti dengan panas matahari supaya ikan kami bisa kering dan ada yang membelinya. Jika hujan terus menerus maka kami akan merugi karena biayanya akan bertambah menjadi 3 hingga 4 kalj lipat.

Sementara harga garam dan es batu mahal, ikan asin itu tidak diEs dan garamnya tidak ditambah maka ikan akan membusuk dan membuat kami mengalami kerugian yang sangat besar,Jelas Agus. ***

Foto : Agus saat menjemur ikan. (*)

 

Print Friendly, PDF & Email