Bilal Mayit dan Penggali Kubur se-Kota Binjai Terima Biaya Operasional

#jack, binjai

Sebanyak 820 orang Bilal Mayit dan Penggali Kubur di Kota Binjai menerima biaya operasional dan asuransi jiwa dari Pemerintah Kota Binjai untuk tahun 2021. Pemberian biaya operasional  diserahkan secara simbolis oleh Wali Kota Binjai Drs. H. Amir Hamzah, M.AP di Kantor Camat Binjai Utara, Senin (06/09/2021).

Walikota menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasinya untuk para penggali kubur dan Bilal Mayit yang hadir. Menurutnya Bilal Mayit dan Penggali Kubur ini merupakan pekerjaan yang luhur dan mulia.

Walikota juga menyampaikan bahwasanya perlu melaksanakan upaya regenerasi dan mengantisipasi berkurangnya jumlah bilal mayit di Kota Binjai. Hal ini dikarenakan bahwa Bilal Mayit di Kota Binjai rata-rata sudah berusia lanjut.  ” Pemerintah Kota Binjai terus melakukan pembinaan kepada ummat, khususnya kepada Bilal Mayit pemula. Dengan Demikian, Jumlah Bilal Mayit di Kota Binjai terus ber-regenerasi, diiringi Pemahaman pelaksanaan fardhu kifayah terhadap jenazah dengan kualitas yang lebih baik.

Tahun ini  biaya operasional yang diberikan sebesar Rp 1.200.000 per orang. Jumlah ini meningkat dibanding tahun lalu, yang hanya sebesar Rp. 1.000.000 perorang. Sedangkan jumlah Bilal Mayit dan Penggali Kubur yang menerima bantuan ada sebanyak 820 orang, meningkat dibanding tahun lalu yang hanya sebanyak 800 orang.

Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Fajar Mufhlikh Lubis, SIP menyampaikan jumlah penerima bantuan biaya operasional dan asuransi jiwa untuk bilal mayit dan penggali kubur tahun 2021sebanyak 820 orang terdiri dari 443 orang bilal mayit dan 377 orang penggali kubur yang tersebar disebar di Kecamatan Binjai Utara sebanyak 281 orang, Kecamatan Binjai Timur 164 orang, Kecamatan Binjai Barat 173 orang, Kecamatan Binjai Selatan 152 orang dan Kecamatan Binjai Kota 50 orang.

Selain itu, setiap penggali kubur dan Bilal Mayit juga  mendapatkan asuransi jiwa Biaya operasional dan asuransi jiwa yang bersumber dari  APBD Kota Binjai tahun  2021. ***

Print Friendly, PDF & Email

Related Posts