Tahanan PSDKP Belawan, 9 Warga Negara Asing Melarikan Diri

#hendrik-rompas, belawan

Sebanyak 9 orang nelayan asing warga Myanmar kabur dari sel tahanan Stasiun Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) Belawan Kota Medan Provinsi Sumatera Utara,Minggu (12/09/2021) dinihari

Menurut keterangan, Ridwan (38) salah seorang nelayan Belawan menyebutkan larinya nelayan asing itu dari tahanan Stasiun PSDKP Belawan Minggu dinihari diperkirakan pada pukul 04.00 wib, Minggu pagi pukul 05.00 wib saat saya baru dari laut ada melihat ke sembilan orang tersebut keluar dari pintu gerbang PSDKP yang kepalanya gundul. Kesembilan orang tersebut berjalan tergesa gesa menuju kearah TPI diujung gabion.

Tidak lama kemidian ada 2 orang berbocenngan naik sepeda motor menyusulnya dari belakang sambil mengatakan cepat cepat hari sudah siang,kita terlambat nanti marah bos,kata Riduan,Rabu (15/09/2021.

Masih keterangan Ridwan, belakangan dia mengetahui kalau 9 tahanan itu merupakan nelayan kapal asing warga negara Myanmar yang bekerja di kapal ikan milik Malaysia yang kapalnya ditangkap petugas PSDKP karena saat itu kapal tersebut mencuri ikan.

Saat ini masalah larinya tahanan warga negra asing dari dalam sel tahanan PSDKP Belawan ramai diperbincangkan kalangan nelayan di Pelabuhan Perikanan Samudra Gabion Belawan. Salah seorang pedagang ikan yang tidak bersedia menyebutkan namanya mengatakan, itu pasti ada yang mengatur pelarian ke sembilan orang tahanan tersebut.

Pintu selnya dijaga oleh 4 orang petugas PSDKP dan didepan kantor persisnya dipintu gerbang dijaga Securiti dan kantor tersebut dipanggar tembok.Aparat terkait diminta segera memeriksa para petugas PSDKP dan dipastikan ada yang terlibat pelarian kesembilan tahanan warga Asing tersebut.kata sumber tersebut.

Sementara itu Pelaksana Koordinasi OPS Pengawasan dan PP, Josia Suarta Sembiring,SH,yang dikonfirmasi mengatakan saat ini pihaknya masih melakukan pencarian terhadap 9 tahanan asing tersebut. Tolong bantu kami, jika ada melihat kesembilan orang warga negara asing yang ditahan dan melarikan diri itu, tolong kontak kami,katanya.Kemudian para petugas PSDKP ada memberikan daftar kesembilan orang tahanan yang melarikan diri tersebut.

Berikut adalah nama nama tahanan yang melarikan diri dari tahanan PSDKP Belawan tersebut: 1.Win Soe alias Aung Win (39) tekong KM SLFA 4598 GT 38,39:2.Soe Hlaing (40) tekong KM PK 6911 F  GT 55,92:3.
Naing Naing (36) tekong KM SLFA 5124 GT 15,88:4.Kyaw Mie Posts (26) ABK:5.Yu Win alias More (29) ABK:6.Hein Ye Htet alias Ye Ye (ABK):7.Mau Aung (33) ABK:8. Zaw Htwe (21) ABK dan ke 9.Khin Hyun (32) ABK . ***

Foto: kantor PSDKP Belwan.

 

Print Friendly, PDF & Email

Related Posts