Revitalisasi Lapangan Merdeka, Bobby Nasution Selamatkan Cagar Budaya

#isvan, medan

Pemko Medan akan merevitalisasi Lapangan Merdeka menjadi cagar budaya . Langkah ini dilakukan Wali Kota Medan Bobby Nasution untuk menyelamatkan salah satu cagar budaya yang dimiliki Kota Medan agar tidak punah. Konsep revitalisasi yang akan dilakukan  nantinya yakni  pelestarian ruang kota bersejarah dan konteks dinamika rancang kota (urban design) kontemporer dengan pendekatan mempertahankan signifikansi sejarah dan karakter Lapangan Merdeka yang merupakan  ruang terbuka publik.

Selain membebaskan Lapangan Merdeka dari bangunan-bangunan yang ada saat ini, Bobby Nasution ingin revitalisasi yang dilakukan akan tetap mempertahankan kelestarian pohon-pohon yang di ada di sekitarnya. Kemudian mempertahankan fungsi dan karakter Lapangan Merdeka sebagai ruang terbuka kota bersejarah.

Selain itu revitalisasi juga sejalan dan terintegrasi dengan pembenahan kawasan bersejarah Kesawan. Apalagi sebut Bobby Nasution, revitalisasi yang dilakukan nantinya tidak hanya menjadikan Lapangan Merdeka sebagai RTH, tapi juga sebagai cagar budaya karena masuk dalam aspek yang dibutuhkan masyarakat. “Jadi  Lapangan Merdeka nantinya akan kita buat RTH untuk menampung segala kegiatan masyarakat di dalamnya, serta sebagai cagar budaya. Kita berharap agar desain yang sudah direncanakan ini  dapat segera terwujud.  Semoga tahun depan (revitalisasi) bisa kita laksanakan,” harap Bobby Nasution saat memimpin Pemaparan Desain Revitalisasi Lapangan Merdeka di Balai Kota  baru-baru ini.

Kebijakan Bobby Nasution  merevitalisasi Lapangan Merdeka sekaligus menyelamatkan cagar budaya diamini Plt Kabid Fisik dan Tata Ruang Bappeda Kota Medan Willy Irawan. Dikatakannya, konsep cagar budaya ini merupakan sebuah kawasan yakni Lapangan Merdeka dan sekitarnya meliputi Koridor Kesawan, Jalan Ahmad Yani, Pajak Ikan Lama sampai Warenhuis.

Kebijakan revitalisasi Lapangan Merdeka juga mendapat apresiasi dari pengamat sosial budaya, Suyadi San yang menyatakan disamping melindungi situs cagar budaya revitalisasi nantinya sangat mendukung keberadaan Lapangan Merdeka sebagai paru-paru kota sekaligus destinasi wisata serta ikon Kota Medan. ***

 

 

Print Friendly, PDF & Email

Related Posts