Ekonomi & Bisnis

Musrenbangdes Mekar Makmur Akomodir 18 Program SDGS Desa

#jen, langkat

Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (Musrenbangdes) tentang Rencana Kerja Pembangunan  (RKP) tahun 2023, mengakomodir 18 program SDGs (Sustainable Development Goals) atau tujuan pembangunan berkelanjutan di desa.

Demikian terungkap dalam Musrenbangdes Desa Mekar Makmur Kecamatan Sei Lepan, Kabupaten Langkat, Provinsi Sumatera Utara, dipimpin Ketua DPD M. Nur di aula desa tersebut, Jumat (12/08/2022).

Dihadiri Suwito selaku Kepala Desa Mekar Makmur ,  tokoh masyarakat, para Kepala Dusun (Kadus) dan lainnya,  Musrenbangdes juga menginventarisir usulan-usulan yang disampaikan masyarakat desa lewat Kepala Dusun (Kadus) masing-masing.

Usulan-usulan tersebut, sebagian besar merupakan bagian dari program SDGS Desa yang menjadi tujuan pembangunan berkelanjutan di desa tersebut. Usulan itu ditampung dalam dokumen RKP 2023.

Tim Pendamping Propesional (TPP) Kemendesa masing-masing Syaiful Hadi selaku Pendamping Lokal Desa (PLD) dan Samsono selaku Pendamping Desa (PD), hadir dalam Musrenbangdes itu. Kedua TPP itu, aktif  memfasilitasi jalannya Musrenbangdes dari awal hingga akhir.

Dalam Musrenbangdes terungkap, adanya kesamaan komitmen untuk menggunakan Dana Desa tahun 2023, tidak sekedar  pada pembangunan pisik, melainkan juga kepada kegiatan pemberdayaan, kegiatan sosial, pemulihan ekonomi dan ketahanan pangan yang semuanya sudah terakomodir dalam 18 program SDGS  Desa.

Disebutkan, sesuai  Permendesa 13/2020  setidaknya ada 18 tujuan dan sasaran pembangunan melalui SDGs Desa. Dalam  18 program SDGs  tersebut yakni Desa Tanpa Kemiskinan, Desa Tanpa Kelaparan, Desa Sehat dan Sejahtera, Pendidikan Desa Berkualitas, Keterlibatan Perempuan Desa, Desa Layak Air Bersih dan Sanitasi.

Selanjutnya Desa Berenergi Bersih dan Terbarukan, Pertumbuhan Ekonomi Desa Merata, Infrastruktur dan Inovasi Desa sesuai Kebutuhan, Desa Tanpa Kesenjangan, Kawasan Permukiman Desa Aman dan Nyaman, Konsumsi dan Produksi Desa Sadar Lingkungan.

Kemudian Desa Tanggap Perubahan Iklim, Desa Peduli Lingkungan Laut, Desa Peduli Lingkungan Darat, Desa Damai Berkeadilan, Kemitraan untuk Pembangunan Desa, Kelembagaan Desa Dinamis dan Budaya Desa Adaptif.

Sebelumnya, Ketua DPD M.Nur dalam pengarahannya antara lain menyebutkan, Musrenbangdes  merupakan kegiatan musyawarah tahunan, yang diadakan untuk menyepakati Rencana Kerja Pembagunan Desa (RKPDes) tahun 2023.

Pelaksanaan Musrenbangdes ini berpedoman pada Permendagri Nomor 114 Tahun 2014 tentang Pedoman Pembangunan Desa,dan  Permendes PDTT RI Nomor 21 Tahun 2020 tentang Pedoman Umum Pembangunan Desa dan Pemberdayaan Masyarakat.

Disebutkan, Desa Mekar Makmur Kecamatan Seli Lepan,Kabupaten langkat, Provinsi Sumatera Utara, memiliki  7 Dusun. Berpenduduk  861 KK atau 3671 Jiwa dan  mayoritas penduduknya adalah petani.***

 

Print Friendly, PDF & Email

Related Posts