Daerah

Plt. Bupati Langkat Hadiri Suroan dan HUT Pujakesuma ke-42

#jack, langkat

Pelaksana Tugas ( Plt) Bupati Langkat H Syah Afandin SH menghadiri Suroan dalam rangka HUT Pujakesuma ke – 42 dan Tasyakuran HUT RI ke-77 tahun 2022 di Pendopo Pujakesuma Kabupaten Langkat, Stabat, Selasa (16/8/2022).

Plt mengatakan, Kurang lebih 56% lebih masyarakat Langkat bersuku jawa, hal tersebut menjadikan etnis Jawa sebagian etnis terbesar dan juga cukup luar biasa dikabupaten Langkat, dibuktikan atas banyaknya kontribusi yang diberikan dalam penataan dan pembangunan yang dilakukan pemerintah dikabupaten Langkat melalui ASN yang merupakan suku Jawa.

Namun daripada itu, Pemerintah Kabupaten Langkat juga memberikan kesempatan yang sama kepada seluruh suku yang ada, dimana dengan kemampuan dan potensi yang kuat dari suku suku yang ada maka akan tercipta kebersamaan yang kuat pula dalam kemajemukan membangun Langkat.

Sebagai keluarga besar perlunya memupuk, menjaga dan memperhatikan keragaman dalam persaudaraan ” Dalam kebersamaan kita ini, kita tidak berbicara etnis, tetapi suku ini perlu didengarkan, dimana pemkab Langkat membutuhkan masukan informasi dan sumbang saran dalam pembangunannya” Ucap Syah Afandin,

Melalui hal tersebut Plt Bupati berharap, seluruh etnis di kabupaten Langkat mampu menjaga sinergitas dan kerukunan, dimana hal tersebut dapat menjadikan tali erat kekompakan dalam menjaga keutuhan Langkat dengan menghindari pergesekan sekecil mungkin, terutama dalam menghadapi suasana agenda nasional yang segera hadir, diantaranya pemilihan presiden, legislatif dan Kepala Daerah.

Dikesempatan itu Plt Bupati meminta, seluruh etnis dan suku Jawa dikabupaten Langkat, untuk mendo’akan agar senantiasa dalam Lindungan Allah SWT. Dirinya menyadari betul bahwa apa yang diemban merupakan amanah dari Allah, sebagai tanggung jawab besar untuk menjadikan Langkat menjadi sejahtera.  “Mohon Doakan saya, artinya saya menyadari betul bahwa yang saya emban ini adalah amanah dari Allah”, Pinta Syah Afandin.

Sebelumnya Ketua DPD PKB Pujakesuma Kabupaten Langkat Pujianto SE mengatakan, “Satu Suro adalah hari pertama dalam kalender Jawa dibulan Suro yang juga selalu bertepatan dengan 1 Muharram dalam kalender Hijriah,” katanya.

Dijelaskannya, ada banyak cara dan acara yang dilakukan masyarakat Jawa untuk menyambut 1 Suro. Pada umumnya melakukan ‘laku prihatin’ untuk tidak tidur semalaman, yaitu Aktivitas yang dilakukan adalah tirakatan, atau menyaksikan kesenian wayang dan acara kesenian lainnya. “Perlu juga diingat sepanjang bulan Suro masyarakat Jawa meyakini untuk terus bersikap eling (ingat) dan waspada. Eling disini memiliki arti manusia harus tetap ingat siapa dirinya dan dimana kedudukannya sebagai ciptaan Tuhan. Sementara waspada berarti manusia juga harus terjaga dan waspada dari godaan yang menyesatkan,” ujarnya.

Kemudian melalui kegiatan ini juga dia mengaku sangat mengapresiasi DPC GM Pujakesuma Kabupaten Langkat yang sangat solid dan turut aktif dalam melestarikan budaya jawa dan bersinergi membantu pemerintah kabupaten Langkat dalam upaya membangun Langkat menjadi lebih baik, maju, sejahtera dan religius. “Orang Jawa tidak pernah berkhianat pak, maka dari itu kami Pujakesuma Langkat berjanji akan senantiasa mendukung bapak Plt dan pemerintah kabupaten Langkat, jika diperlukan saya yang akan berdiri paling depan”, pungkas Pujianto.

Turut hadir pada giat tersebut; Sekdakab Langkat H Amril SSos MAP, Asisten II Eksbangsos Drs H Hermansyah MIP, Kadis Perhubungan Drs H Mulyono MSi, Kadis Kominfo H Syahmadi SSos MSP, Kadis Pendidikan DR H Saiful Abdi SH SE MPd, Kadis dukcatpil Faizal Rizal Matondang SSos MAP, Kadis PMP2TSP Edi Suratman SSo, Plt Kadis Perkim H Sujarno SSos MSi, Kepala Bappeda Rina Wahyuni Marpaung SSTP MAP, Kadis PMD Sutrisuanto SSos, Kabag Tapem Suriyanto SSos, Kabag Umum Eka Syahputra Depari SSTP, Kabag Prokopim Mahardika Sastra Nasution SSTP MAP, Kabag Hukum Alimat Tarigan SH, Anggota DPRD Langkat Surialam SE, Tokoh Adat Jawa Slamet Sunardi, Pardi dan Drs Legimun MPd, Ketua Hikma Langkat Imam Fauzi, tamu dan undangan berhadir. ***

.

.

Print Friendly, PDF & Email

Related Posts