Minta Masyarakat Wajib Pakai Masker, Gubsu: Tanah Karo Jangan Sampai Banyak Terpapar Covid-19

#jack, medan

Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi meminta masyarakat agar terus menaati protokol kesehatan (Prokes) untuk mencegah penyebaran Covid-19, khususnya Tanah Karo. Apabila banyak masyarakat Karo terpapar Covid-19, maka sebagian rantai pasokan sayur dan buah buahan di Sumut akan terganggu.

Hal tersebut disampaikan Gubernur Edy Rahmayadi saat meninjau vaksinasi yang dilaksanakan Kodim 0205/Tanah Karo di Stadiun Samura, Kabanjahe, Kabupaten Karo, Rabu (28/7). “Saudara-saudaraku, Tanah Karo ini sangat penting, karena sebagian logistik pertanian, seperti sayur mayur itu lebih banyak datangnya dari Tanah Karo, jika banyak yang terpapar Covid-19, orang Sumut tak makan nanti, ” katanya kepada para peserta vaksinasi.

Disampaikan Gubernur, saat ini perkembangan Covid-19 di Tanah Karo sudah berada di level 3. Menurut Gubernur, level tersebut merupakan kondisi rawan. Untuk itu, selain vaksinasi, mematuhi Prokes adalah hal harus dipatuhi. “Sehat itu yang pertama patuhi benar jangan pernah melepas masker, pastikan gunakan masker, ” kata Gubernur.

Dikatakannya, kehadiran pemerintah saat ini  adalah melakukan vaksinasi secara bertahap. Vaksin dari Jakarta akan terus dikirim untuk memenuhi kebutuhan vaksin di daerah ini. Saat ini stok vaksin di Sumut sangat terbatas. Untuk menunggu itu, Gubernur kembali mengingatkan masyarakat agar mematuhi prokes. “Sambil menunggu vaksin, Prokes wajib dilakukan, sama-sama kita lakukan ini, ” kata Gubernur.

Sementara itu, Dandim 0205 Yuli Eko Hadiyanto menyampaikan peserta yang mengikuti vaksinasi sebanyak 1.400 peserta. Vaksinasi dilakukan dengan menerapkan Prokes secara ketat. “Diharapkan, dengan vaksinasi ini, herd immunity segera tercapai di Sumut, khususnya Tanah Karo,” katanya.***

 

Print Friendly, PDF & Email

Related Posts